Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Segmentasi Pasar dan Penetapan Pasar Sasaran



Jakarta, 4 Maret 2013 Pukul 13.30 WIB perkuliahan manajemen pemasaran jasa pada pertemuan ke tiga menjelaskan materi tentang “Segmentasi Pasar dan penetapan” yang dipaparkan oleh kelompok 3, yang terdiri dari 4 orang, yaitu Yohanes Andre, Syifa Chaerunnisa, Pratama Dhanty dan Vera Latifa.
Apa segmentasi pasar itu? Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Mengapa demikian? Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik. Oleh sebab itu, segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Pendekatan yang digunakan dalam segmentasi pasar terdiri dari emapat segimentasi, yaitu:
1.    Segmentasi Geografi adalah merupakan segmentasi yang  membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, wilayah, daerah atau kawasan. Jadi dengan segmentasi pemasar memperoleh kepastian kemana atau dimana produk tersebut dipasarkan.
2.  Segmentasi Demografi adalah suatu segmentasi yang memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan. Oleh karena itu kepada siapa dapat berkonotasi pada umur, jenis kelamin, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan keluarga seperti anak-anak, remaja, dewasa dan seterusnya.
3.  Segmentasi Psikografi
4. Segmentasi Tingkah Laku
Segmentasi tingkah laku mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar