Jakarta, 4 Maret 2013
Pukul 13.30 WIB perkuliahan manajemen pemasaran jasa pada pertemuan ke tiga
menjelaskan materi tentang “Segmentasi Pasar dan penetapan” yang dipaparkan
oleh kelompok 3, yang terdiri dari 4 orang, yaitu Yohanes Andre, Syifa
Chaerunnisa, Pratama Dhanty dan Vera Latifa.
Apa segmentasi pasar
itu? Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen
pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya
kesamaan perilaku pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa
membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan
membeli. Mengapa demikian? Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan
keinginan yang unik. Oleh sebab itu, segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya
yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang
benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Pendekatan yang digunakan dalam
segmentasi pasar terdiri dari emapat segimentasi, yaitu:
1. Segmentasi
Geografi adalah merupakan segmentasi
yang membagi pasar menjadi unit-unit
geografi yang berbeda, seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, wilayah,
daerah atau kawasan. Jadi dengan segmentasi pemasar memperoleh kepastian kemana
atau dimana produk tersebut dipasarkan.
2. Segmentasi Demografi adalah suatu segmentasi yang memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan. Oleh karena itu kepada siapa dapat berkonotasi pada umur, jenis kelamin, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan keluarga seperti anak-anak, remaja, dewasa dan seterusnya.
3. Segmentasi Psikografi
4. Segmentasi Tingkah Laku
Segmentasi tingkah laku mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk.
2. Segmentasi Demografi adalah suatu segmentasi yang memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan. Oleh karena itu kepada siapa dapat berkonotasi pada umur, jenis kelamin, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan keluarga seperti anak-anak, remaja, dewasa dan seterusnya.
3. Segmentasi Psikografi
4. Segmentasi Tingkah Laku
Segmentasi tingkah laku mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk.
0 komentar:
Posting Komentar