Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Distribusi, Franchise dan MLM (Multi Level Marketing)


Senin, 22 April 2013 di Gd. Daksinapati Ruang 305 melaksanakan kegiatan perkuliahan Manajemen Pamasaran Jasa yang di dampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. perkuliahan kali ini akan membahas tentang “Distribusi, Franchise dan MLM (Multi Level Marketing)” yang di presentasikan oleh kelompok 7 yaitu Yolla Fitriani, Risky Nuria Pardede, Leni Indriani.

Apa itu Saluran Distribusi? menurut definisi dari beberapa ahli ada beberapa unsur penting yakni bahwa Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen. Unsure terpenting dalam saluran distribusi antara lain : Tujuan dari sidtribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu dengan demikian pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran. Saluran distribusi melaksanakan 2 kegiatan penting untuk mencapai tujuan, yaitu mengadakan penggolongan dan mendistribusikannya selain itu ada juga factor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi yaitu barang, pasar, perusahaan, perantara, dan pesaing.
Terdapat berbagai macam saluran distribusi barang konsumsi, diantaranya :
  1. Produsen – Konsumen
  2. Produsen – Pengecer – Konsumen
  3. Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
  4. Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
  5. Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen

Apa itu Franchice? Franchice atau Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh pemilik perusahaan (franchisor) dengan memberikan atau menjual hak ke pihak penerima waralaba (franchisee) untuk menjual produk merek dagang dan atau jasa pemberi waralaba tersebut dengan aturan, tata cara, prosedure dan kriteria yang telah disepakti bersama dalam kontrak kerja yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.
Jenis waralaba :
  •     Waralaba luar negeri
  •     Waralaba dalam negeri : 1. Waralaba format bisnis 2. Waralabaproduk dan merek dagang
Apa itu Multi Level Marketing? Multi Level Marketing atau Pemasaran berjenjang adalah merupakan metode pemasaran barang dan jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran yang berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan jasa yang dilakukan sendiri dan anggota jaringan yang ada dalam kelompoknya.
Cirri-ciri MLM yang baik :
  1.     Uang pendaftaran tidak terlalu mahal
  2.     Ada pelatihan yang benar
  3.     Perusahaannya jelas
  4.     Business plan atau jelasnya bisnis
Persyaratan dalam Multilevel Marketing :

  1.     Produk yang ditawarkan bersifat khas
  2.     Bersifat eksklusif
  3.     Kebal terhadap fluktuasi ekonomi
  4.     Mempunyai diferensiasi yang mencolok
  5.     Kualitas produk terjamin
  6.     Harga relatif terjangkau
  7.     Komitmen

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar