Senin,
22 April 2013 di Gd. Daksinapati Ruang 305 melaksanakan kegiatan perkuliahan
Manajemen Pamasaran Jasa yang di dampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
perkuliahan kali ini akan membahas tentang “Distribusi, Franchise dan MLM (Multi Level
Marketing)” yang di presentasikan oleh kelompok 7 yaitu Yolla Fitriani,
Risky Nuria Pardede, Leni Indriani.
Apa
itu Saluran Distribusi? menurut definisi dari beberapa ahli ada beberapa unsur
penting yakni bahwa Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau
perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan
hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke
konsumen. Unsure terpenting dalam saluran distribusi antara
lain : Tujuan dari sidtribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu dengan
demikian pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran. Saluran distribusi
melaksanakan 2 kegiatan penting untuk mencapai tujuan, yaitu mengadakan
penggolongan dan mendistribusikannya selain itu ada juga factor-faktor yang
mempengaruhi saluran distribusi yaitu barang, pasar, perusahaan, perantara, dan
pesaing.
Terdapat
berbagai macam saluran distribusi barang konsumsi, diantaranya :
- Produsen – Konsumen
- Produsen – Pengecer – Konsumen
- Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
- Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
- Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Apa
itu Franchice? Franchice atau Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh pemilik
perusahaan (franchisor) dengan memberikan atau menjual hak ke pihak penerima
waralaba (franchisee) untuk menjual produk merek dagang dan atau jasa pemberi
waralaba tersebut dengan aturan, tata cara, prosedure dan kriteria yang telah
disepakti bersama dalam kontrak kerja yang telah disetujui oleh kedua belah
pihak.
Jenis
waralaba :
- Waralaba luar negeri
- Waralaba dalam negeri : 1. Waralaba format bisnis 2. Waralabaproduk dan merek dagang
Apa
itu Multi Level Marketing? Multi Level Marketing atau Pemasaran berjenjang adalah
merupakan metode pemasaran barang dan jasa dari sistem penjualan langsung melalui
program pemasaran yang berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha
mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang
dan jasa yang dilakukan sendiri dan anggota jaringan yang ada dalam
kelompoknya.
Cirri-ciri
MLM yang baik :
- Uang pendaftaran tidak terlalu mahal
- Ada pelatihan yang benar
- Perusahaannya jelas
- Business plan atau jelasnya bisnis
Persyaratan
dalam Multilevel Marketing :
- Produk yang ditawarkan bersifat khas
- Bersifat eksklusif
- Kebal terhadap fluktuasi ekonomi
- Mempunyai diferensiasi yang mencolok
- Kualitas produk terjamin
- Harga relatif terjangkau
- Komitmen
0 komentar:
Posting Komentar