Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa



Pada pertemuan ke-7 , tanggal 8 April 2013. Kelompok 5 mempersentasikan menganai “penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan”
Apa yang dimaksud dengan produk? Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan“. Jadi, produk baru bisa diartikan sebagai produk baru bagi perusahaan, modifikasi dari produk yang sudah ada dan merk-merk baru yang dikembangkan perusahaan atau duplikat dari produk pesaing, produk yang diakuisisi dan produk asli innovatif.
Ada berapa tahapan atau langkah-langkah dalam pengembangan produk jasa pendidikan? Disini dalam persentasi ini dijelaskan 8 langkah atau tahapan dalm pengembangan produk jasa pendidikan, meliputi:

1.   Pencarian Ide. Maksudnya bahwa pencarian ide merupakan suatu perkumpulan gagasan ide-ide dalam hal produk apa yang akan diciptakan yang harus jelas dalam mendefinisikan tujuan dari suatu pengembangan produk yang baru.


2.  Penyaringan Ide. Maksudnya bahwa penyaringan ide merupakan Tahap Penyaringan dilakukan setelah berbagai macam ide tentang produk telah tersedia. Dalam tahap ini merupakan pemilihan sejumlah ide dari berbagai macam sumber.



3.     Pengembangan dan Pengujian Konsep. Maksudnya bahwa pengembangan dan pengujian konsem perupakan Dari ide yang layak untuk maju ke tahap selanjutnya dibuatkan prototip atau model produk untuk dilakukan uji kelayakan bisnis apa sesuai  dengan apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh konsumen serta melihat bagaimana respon dari konsumen tersebut.


4.  Pengembangan strategi pemasaran. Maksudnya bahwa pengembangan strategi pemasaran ini merupakan upaya perancangan pemasaran untuk memperkenalkan produknya kepada pasar dan menetapkan jangka waktu dalam melakukan strategi pemasaran, bisa lima tahun, satu tahun, atau dalam jangka waktu yang lebih lama dari sebelumnya.



5.  Analisis usaha. Maksudnya bahwa analisa usaha ini merupakan dimana perusahaan melakukan berbagai perkiraan estimasi pada produk tersebut mulai dari berapa kira-kira biaya investasi yang dibutuhkan, seberapa besar potensi pasarnya, seberapa besar tingkat penjualannya, dan seberapa banyak laba atau keuntungan yang mungkin diraih perusahaan. Semua itu sebaiknya dilakukan secara ilmiah dan tidak hanya dengan kira-kira saja.


6.    Pengembangan produk. Maksudnya bahwa pada tahap ini, ide-ide yang telah dianalisa perlu dikembangkan karena ide-ide tersebut dianggap lebih menguntungkan. Pengembangan ini tentunya harus sesuai dengan kemampuan perusahaan.



7.    Marketing testing. Maksudnya bahwa pada tahap inilah sebuah produk tersebut diberi nama, kemasan dan program pemasaran awal untuk mengujinya dalam bentuk nyata.


8. Komersialisasi. Maksudnya bahwa pada tahap ini merupakan tahap yang terakhir dari rangkaian pengembangan produk baru yang akan dipromosikan kepada seluruh pasar yang dituju.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar