Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN - KEBIJAKAN HARGA



Senin, 29 April 2013 bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, merupakan pertemuan kesepuluh manajemen pemasaran jasa pendidikan. Pada pertemuan kali ini kami memulai perkuliahan dengan presentasi dari kelompok 8 terlebih dahulu, kemudian mendapatkan materi dari dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.

Apa itu harga ? Harga menurut William J. Stanton adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk sebuah produk. Harga juga merupakan daya tarik bagi konsumen, misalnya saja berupa bentuk potongan harga sebagai saran promosi suatu perusahaan dalam menarik konsumen. Harga sendiri didasarkan atas harga produksi dan laba, serta nilai barang yang telah dihasilkan itu sendiri.
Apa tujuan dari penetapan harga yaitu mendapatkan laba maksimal, mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan, mencegah atau mengurangi persaingan, dan mempertahankan atau memperbaiki market share.

Dalam menetapkan harga sendiri dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disini merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, berupa tujuan dari suatu perusahaan itu sendiri, strategi bauran pemasaran, biaya, dan organisasi dalam suatu perusahaan. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor atau pengaruh yang terdapat dari luar perusahaan, seperti permintaan pasar dan pesaing.

Metode Penetapan Harga :

  1.     Harga didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan
  2.     Harga didasarkan pada keseimbangan antara perkiraan permintaan pasar dengan suplai
  3.     Harga didasarkan pada konsisi-kondisi pasar yang bersaing

Kebijakan dan strategi harga :

-          Strategi
-          Kebijaksanaan
-         Potongan kuantitas, potongan dagang, potongan tunai, dan poyongan musiman
Potongan harga dan potongan berat :

    Potongan Berat

a.       Potongan kesusutan kering
b.      Potongan kesusutan timbangan
c.       Ekstra tarra
d.      Rafaksi
e.       Potongan atas tangkai

 Potongan harga

a.       Rabat
b.      Potongan tunai 

Price dipengaruhi oleh harga pokok produksi, laba, value. Kemudian produk untuk menentukan harga seperti bahan baku, tenaga kerjanya, serta BOH (biaya over head). Selanjutnya bicara tentang place atau saluran distribusinya ada pula pesaing yang berbentuk monopoli, persaingan bebas, atau berbentuk oligopoli. Yang perlu dilihat dari pesaing seperti penetapan pasarnya, followernya, potongan dan bonusnya
 

Yudhi Ardiyanto
1445116045
Manajemen pendidikan non regular 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar