Senin, 29 April 2013 bertempat di Fakultas Ilmu
Pendidikan UNJ, merupakan pertemuan kesepuluh manajemen pemasaran jasa
pendidikan. Pada pertemuan kali ini kami memulai perkuliahan dengan presentasi
dari kelompok 8 terlebih dahulu, kemudian mendapatkan materi dari dosen kami
bapak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
Apa itu harga ? Harga menurut William J. Stanton
adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk sebuah produk. Harga juga merupakan
daya tarik bagi konsumen, misalnya saja berupa bentuk potongan harga sebagai
saran promosi suatu perusahaan dalam menarik konsumen. Harga sendiri didasarkan
atas harga produksi dan laba, serta nilai barang yang telah dihasilkan itu
sendiri.
Apa tujuan dari penetapan harga yaitu mendapatkan laba
maksimal, mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan, mencegah atau
mengurangi persaingan, dan mempertahankan atau memperbaiki market share.
Dalam menetapkan
harga sendiri dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor
internal disini merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan itu
sendiri, berupa tujuan dari suatu perusahaan itu sendiri, strategi bauran
pemasaran, biaya, dan organisasi dalam suatu perusahaan. Sedangkan faktor eksternal
merupakan faktor atau pengaruh yang terdapat dari luar perusahaan, seperti
permintaan pasar dan pesaing.
Metode Penetapan Harga :
- Harga didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan
- Harga didasarkan pada keseimbangan antara perkiraan permintaan pasar dengan suplai
- Harga didasarkan pada konsisi-kondisi pasar yang bersaing
Kebijakan dan strategi harga :
- Strategi
- Kebijaksanaan
- Potongan kuantitas, potongan dagang,
potongan tunai, dan poyongan musiman
Potongan harga dan potongan berat :
Potongan Berat
a. Potongan kesusutan kering
b. Potongan kesusutan timbangan
c. Ekstra tarra
d. Rafaksi
e. Potongan atas tangkai
Potongan harga
a. Rabat
b. Potongan tunai
Yudhi Ardiyanto
1445116045
Manajemen pendidikan non regular 2011
0 komentar:
Posting Komentar