Senin 6 April 2013, Pertemuan ke-11 Mata Kuliah Pemasaran.
Pada perkuliahan hari ini tidak didampingi oleh Dr. Amril Muhammad SE, M.Pd,
namun diskusi tetap berjalan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan didampingi
oleh satu orang pemateri. Diskusi dilaksanakan di ruang 307, universitas negri
jakarta , dan tema pada pertemuan kali ini adalah “Promosi Jasa pendidikan”. Diskusi
dipimpin oleh kelompok sembilan yang terdidi dari Ria Zulfiah, Nurma Jelita,
Ayu Wulandari, dan Rahmawati Ramdiah.
Apa itu promosi ? Promosi
adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen
tentang barang dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau
perasaan audience. Promosi juga dapat dikatakan sebagai kumpulan aktivitas yang
memberitahu kebaikan produk dan membujuk pelanggan untuk membelinya.
Menurut Indriyo Gitosudarmo promosi adalah
merupakan kegiatan yang ditunjukan untuk memengaruhi konsumen agar mereka dapat
menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan
kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Adapun alat-alat
yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan suatu produk dapat dipilih beberapa
cara, yaitu:
- Menyadarkan komunikan dan member informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
- Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
- Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.
2.
Promosi Penjualan bertujuan untuk menyebarkan
informasi produk kepada target pasar potensial,
untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, Untuk mendapatkan
pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika
terjadi lesu pasar, Membedakan serta
mengunggulkan produk dibanding produk pesaing dan Membentuk citra produk di
mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
0 komentar:
Posting Komentar