Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manajemen Pemasaran - Promosi Jasa pendidikan

Senin 6 April  2013, Pertemuan ke-11 Mata Kuliah Pemasaran. Pada perkuliahan hari ini tidak didampingi oleh Dr. Amril Muhammad SE, M.Pd, namun diskusi tetap berjalan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan didampingi oleh satu orang pemateri. Diskusi dilaksanakan di ruang 307, universitas negri jakarta , dan tema pada pertemuan kali ini adalah “Promosi Jasa pendidikan”. Diskusi dipimpin oleh kelompok sembilan yang terdidi dari Ria Zulfiah, Nurma Jelita, Ayu Wulandari, dan Rahmawati Ramdiah.

Apa itu promosi ? Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau perasaan audience. Promosi juga dapat dikatakan sebagai kumpulan aktivitas yang memberitahu kebaikan produk dan membujuk pelanggan  untuk membelinya.

Menurut Indriyo Gitosudarmo promosi adalah merupakan kegiatan yang ditunjukan untuk memengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Adapun alat-alat yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan suatu produk dapat dipilih beberapa cara, yaitu:

1.       Iklan adalah sebagai suatu pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media. tujuan periklanan diantaranya adalah :
  • Menyadarkan komunikan dan member informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
  • Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
  • Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.
2.      Promosi Penjualan bertujuan untuk menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial,  untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan,  Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar,  Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing dan Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.  
 
3.      Publisitas adalah suatu bentuk penyajian usaha untuk meningkatkan permintaan dari suatu produk secara non personal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk perusahaan yang bersangkutan dan biasanya yang melakukan publisitas ini adalah bagian humas. Adapun caranya adalah dengan mengadakan wawancara dan hasilnya dimuat dalam media cetak.
 
4.       Penjualan Personal adalah suatu bentuk penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar