Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manajemen Pemasaran-“Kualitas Jasa”



Senin 13 mei 2013, Pertemuan ke-12 Mata Kuliah Manajemen Pemasaran. Pada perkuliahan hari ini didampingi oleh Dr. Amril Muhammad SE, M.Pd,. Diskusi dilaksanakan di ruang 307, universitas negri jakarta , pada pertemuan kali ini kelompok yang bertugas untuk persentasi adalah kelompok 10 yang beranggotakan Adjeng Afriyani, Astri Nurul, Kiki Indriyani, dan Lensy Juni, materi yang di persentasikan yaitu mengenai “Kualitas Jasa”.

Sebelum membahas kita harus mengetahui apa itu Kualitas Jasa? Kualitas Jasa (Wyckof) adalah tingkat keunggulan yang  diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Jadi kualias jasa adalah merupakan suatu tanggapan konsumen secara keseluruhan akan produk atau jasa yang dikonsumsinya, di mana dari tanggapan tersebut akan dapat terlihat keunggulan-keunggulan yang ada guna memenuhi keinginan konsumen.

Secara garis besar, terdapat 4 unsur pokok dalam konsep kualitas yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Dalam kualitas jasa terdapat beberapa syarat, antara lain komprehensif (menyeluruh), universal (masing-masing dimensi bersifat umum), bebas, dan limited (dimensi harus dibatasi).

Jika dilihat dari dimensi kualitas jasa, kualitas jasa tersebut terbagi atas lima dimensi, antara lain:
  1. Reliability: kemampuan untuk memberikan jasa dengan segera dan memuaskan.
  2. Responsiveness: kemampuan untuk memberikan jasa dengan tanggap.
  3. Assurance: kemampuan, kesopanan, dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki oleh para staf, bebas dari bahaya, resiko dan keragu-raguan.
  4. Emphaty: kemudahan dalam melakukan hubungan komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan pelanggan.
  5. Tangibles: fasilitas fisik, perlengkapan, pegawai dan sarana komunikasi.

Membahas mengenai kualitas jasa, maka tidak terlepas dari TQS (Total Quality Service). TQS adalah konsep perbaikan secara terus menerus dan berkesinambungan sehingga organisasi atau perusahaan selalu menyiapkan lingkungan yang kondusif dalam mewujudkannya. TQS sebagai suatu konsep usaha yang memiliki awal dan akhir, serta dilaksanakan untuk mencapai tujuan - tujuan yang telah ditetapkan dalam sasaran kualitas yang spesifik dengari berupaya mengoptimalkan alokasi sumber daya secara optimal meliputi keterampilan, usaha kerja sama tim, fasilitas, alat-alat informasi, modal dan teknik.  
Disini terdapat strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas jasa, antara lain yaitu Menidentifikasi detreminan utama kualitas jasa, mengelola harapan konsumen, mengelola bukti kualitas jasa, mendidik konsumen, mengembangkan budaya kualitas, menciptakan automating quality, menindaklanjuti jasa, dan mengembangkan sistem informasi kualitas jasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Manajemen Pemasaran - Promosi Jasa pendidikan

Senin 6 April  2013, Pertemuan ke-11 Mata Kuliah Pemasaran. Pada perkuliahan hari ini tidak didampingi oleh Dr. Amril Muhammad SE, M.Pd, namun diskusi tetap berjalan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan didampingi oleh satu orang pemateri. Diskusi dilaksanakan di ruang 307, universitas negri jakarta , dan tema pada pertemuan kali ini adalah “Promosi Jasa pendidikan”. Diskusi dipimpin oleh kelompok sembilan yang terdidi dari Ria Zulfiah, Nurma Jelita, Ayu Wulandari, dan Rahmawati Ramdiah.

Apa itu promosi ? Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau perasaan audience. Promosi juga dapat dikatakan sebagai kumpulan aktivitas yang memberitahu kebaikan produk dan membujuk pelanggan  untuk membelinya.

Menurut Indriyo Gitosudarmo promosi adalah merupakan kegiatan yang ditunjukan untuk memengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Adapun alat-alat yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan suatu produk dapat dipilih beberapa cara, yaitu:

1.       Iklan adalah sebagai suatu pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media. tujuan periklanan diantaranya adalah :
  • Menyadarkan komunikan dan member informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
  • Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
  • Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.
2.      Promosi Penjualan bertujuan untuk menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial,  untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan,  Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar,  Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing dan Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.  
 
3.      Publisitas adalah suatu bentuk penyajian usaha untuk meningkatkan permintaan dari suatu produk secara non personal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk perusahaan yang bersangkutan dan biasanya yang melakukan publisitas ini adalah bagian humas. Adapun caranya adalah dengan mengadakan wawancara dan hasilnya dimuat dalam media cetak.
 
4.       Penjualan Personal adalah suatu bentuk penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN - KEBIJAKAN HARGA



Senin, 29 April 2013 bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, merupakan pertemuan kesepuluh manajemen pemasaran jasa pendidikan. Pada pertemuan kali ini kami memulai perkuliahan dengan presentasi dari kelompok 8 terlebih dahulu, kemudian mendapatkan materi dari dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.

Apa itu harga ? Harga menurut William J. Stanton adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk sebuah produk. Harga juga merupakan daya tarik bagi konsumen, misalnya saja berupa bentuk potongan harga sebagai saran promosi suatu perusahaan dalam menarik konsumen. Harga sendiri didasarkan atas harga produksi dan laba, serta nilai barang yang telah dihasilkan itu sendiri.
Apa tujuan dari penetapan harga yaitu mendapatkan laba maksimal, mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan, mencegah atau mengurangi persaingan, dan mempertahankan atau memperbaiki market share.

Dalam menetapkan harga sendiri dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disini merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, berupa tujuan dari suatu perusahaan itu sendiri, strategi bauran pemasaran, biaya, dan organisasi dalam suatu perusahaan. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor atau pengaruh yang terdapat dari luar perusahaan, seperti permintaan pasar dan pesaing.

Metode Penetapan Harga :

  1.     Harga didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan
  2.     Harga didasarkan pada keseimbangan antara perkiraan permintaan pasar dengan suplai
  3.     Harga didasarkan pada konsisi-kondisi pasar yang bersaing

Kebijakan dan strategi harga :

-          Strategi
-          Kebijaksanaan
-         Potongan kuantitas, potongan dagang, potongan tunai, dan poyongan musiman
Potongan harga dan potongan berat :

    Potongan Berat

a.       Potongan kesusutan kering
b.      Potongan kesusutan timbangan
c.       Ekstra tarra
d.      Rafaksi
e.       Potongan atas tangkai

 Potongan harga

a.       Rabat
b.      Potongan tunai 

Price dipengaruhi oleh harga pokok produksi, laba, value. Kemudian produk untuk menentukan harga seperti bahan baku, tenaga kerjanya, serta BOH (biaya over head). Selanjutnya bicara tentang place atau saluran distribusinya ada pula pesaing yang berbentuk monopoli, persaingan bebas, atau berbentuk oligopoli. Yang perlu dilihat dari pesaing seperti penetapan pasarnya, followernya, potongan dan bonusnya
 

Yudhi Ardiyanto
1445116045
Manajemen pendidikan non regular 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS