Apa saja faktor-faktor
yang mempengaruhi lingkungan pemasaran, yaitu:
·
Faktor internal, adalah merupakan sesuatu
pengaruh yang bersumber dari dalam perusahaan yang berpengaruh pada kinerja
suatu perusahaan.
·
Faktor Eksternal, adalah merupakan sesuatu
pengaruh yang bersumber dari luar perusahaan yang berpengaruh pada kinerja
suatu perusahaan. Faktor
eksternal lingkungan pemasaran lingkungan dibagi 2 bagian, meliputi:
·
Lingkungan eksternal Mikro,
meliputi: Pemasok (suppliers), Pesaing (competitor), Perantara pemasaran (marketing
intermediaries), Pelanggan (customer)
dan Publik (public).
· Lingkungan eksternal Makro, meliputi: Lingkungan demografi , Lingkungan
ekonomi, Lingkungan alam, Lingkungan
teknologi, Lingkungan politik dan Lingkungan sosial budaya.
Setelah kelompok 1
selesai memaparkan materinya, Pak Amril selaku dosen mata kuliah Manajemen
Pemasaran Jasa menambahkan kembali penjelasan materi yang telah dipaparkan oleh
kelompok 1, Materi yang beliau sampaikan, sebagai berikut:
Dalam manajemen
pemasaran, kita perlu menganalisis tentang lingkungan. Mengapa demikian? Karena
lingkungan merupakan kekuatan dari bagian suatu pemasaran yang sangat
mempengaruhi manajemen pemasaran dalam menjual produk-produknya. Dalam manajemen
pemasaran untuk menjual produk-produk memiliki 2 lingkungan, yaitu lingkungan
mikro dan lingkungan makro.
1.
Apa yang dimaksud dengan Lingkungan Mikro?
Merupakan
berbagai faktor kekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang mempengaruhi
kemampuan manajemen pemasaran dalam melayani pelanggannya. Faktor Lingkungan mikro,
meliputi:
·
company in self
· suppliers
· marketing intermediaries
· customer
2. Apa yang dimaksud dengan Lingkungan Makro?
Merupakan
kekuatan masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro
pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.
Lingkungan makro terdiri dari :
·
Location/ lokasi
·
Age/ umur
·
Gender/ kelamin
·
Culture/ budaya
·
Teknologi
·
Politik
·
Kebijakan pengganti
·
Intervensi pemerintah
·
Daya beli/ lingkungan ekonomi
·
Data statistik lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar