Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Analisis lingkungan pemasaran ( pertemuan ke-3)


  
Kolompok 1 yang beranggotakan Muhammad Ilham, Andika Puji dan Elan Suherlan menjelaskan materinya tentang “Analisis Lingkungan Pemasaran” .
Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan pemasaran, yaitu:
·         Faktor internal, adalah merupakan sesuatu pengaruh yang bersumber dari dalam perusahaan yang berpengaruh pada kinerja suatu perusahaan.
·         Faktor Eksternal, adalah merupakan sesuatu pengaruh yang bersumber dari luar perusahaan yang berpengaruh pada kinerja suatu perusahaan. Faktor eksternal lingkungan pemasaran lingkungan dibagi 2 bagian, meliputi:
·         Lingkungan eksternal Mikro, meliputi: Pemasok (suppliers), Pesaing (competitor),  Perantara pemasaran (marketing intermediaries),  Pelanggan (customer) dan   Publik (public).
·      Lingkungan eksternal Makro, meliputi: Lingkungan demografi , Lingkungan ekonomi, Lingkungan alam,  Lingkungan teknologi, Lingkungan politik dan Lingkungan sosial budaya.

Setelah kelompok 1 selesai memaparkan materinya, Pak Amril selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa menambahkan kembali penjelasan materi yang telah dipaparkan oleh kelompok 1, Materi yang beliau sampaikan, sebagai berikut:

Dalam manajemen pemasaran, kita perlu menganalisis tentang lingkungan. Mengapa demikian? Karena lingkungan merupakan kekuatan dari bagian suatu pemasaran yang sangat mempengaruhi manajemen pemasaran dalam menjual produk-produknya. Dalam manajemen pemasaran untuk menjual produk-produk memiliki 2 lingkungan, yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro.
1.      Apa yang dimaksud dengan Lingkungan Mikro?
Merupakan berbagai faktor kekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran dalam melayani pelanggannya. Faktor Lingkungan mikro, meliputi:
·         company in self
·         suppliers
·        marketing intermediaries
·        customer

2.      Apa yang dimaksud dengan Lingkungan Makro?
Merupakan kekuatan masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran. Lingkungan makro terdiri dari :
·         Location/ lokasi
·         Age/ umur
·         Gender/ kelamin
·         Culture/ budaya
·         Teknologi
·         Politik
·         Kebijakan pengganti
·         Intervensi pemerintah
·         Daya beli/ lingkungan ekonomi
·         Data statistik lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar